Minggu, 08 Mei 2016

Share - Saya membaca sekaligus mengamati tentang keadaan lalu lintas Jakarta setelah penerapan uji coba pencabutan aturan 3 in 1, dan saya cukup apresiatif terhadap kinerja POLRI untuk yang satu ini.

Dalam mengambil sebuah kebijakan, memang perlu adanya sebuah penerapan Uji Coba, dimana adalah bagian pelaksanaan yang konsekwensinya disertai dengan pengawasan, pengawalan agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan.

Terkait akan hal itu, saya memberi 2 acungan jempol untuk Kinerja POLRI yang erat kaitannya dengan mengatasi problem kemacetan dengan metode 3 in 1, dimana sejak diterapkannya metode 3 orang dalam 1 mobil pada dekade sebelumnya, turut lahir problem baru. Keberadaan joki 3 in 1 sudah tak asing lagi, bahkan konon saat itu, fenomena ini sudah mencapai tahapan dijadikan mata pencaharian, yang memicu terjadinya dampak sosial yang konon sudah melampaui batas.

Setelah beberapa waktu lalu POLRI menerapkan ujicoba dengan mencabut aturan 3 in 1 beberapa waktu yang lalu, dan mengawasi pelaksanaannya dengan pengerahan petugas lalu lintas di area jalanan yang sebelumnya diterapkan aturan 3 in 1. Dari metode ujicoba itu, maka lahirlah kebijakan baru dimana kebijakan 3 in 1 lebih tepat sasaran apabila diterapkan sore hari.

Dengan penerapan 3 in 1 pada sore hari atau jam pulang kantor, hal itu cukup bermanfaat, misalnya:


1. Bagi pegawai kantor di area 3 in 1, akan lebih disiplin. Berusah berangkat lebih awal agar tidak terjebak macet, karena jam berangkat kantor adalah saat belum dimulainya aturan 3 in 1.

2. Masyarakat, pengunjung, pengusaha non pegawai, leluasa menikmati jalan jalan tersebut karena tidak ada aturan 3 in 1. Dan, otomatis hal ini akan sedikit menghemat biaya dan waktu, dimana kalau sebelumnya mereka harus merogoh kocek untuk budget Joki jika mau lewat jalan itu. Namun itu tak terjadi lagi karena mereka bisa menggunakan waktu sebelum jam 3 in 1 dimulai, atau pada siang hari, baik untuk kegiatan usaha maupun sekedar mempersingkat jarak tempuh.

3. Aturan diterapkan 3 in 1 pada sore hari lebih tepat, dimana pada saat itu sudah pasti kebutuhan melewati jalur tyang merupakan jalur strategis atau pusat bisnis tersebut jauh akan lebih besar pada sore hari.

Nah, dari situlah kenapa mungkin mulai saat ini hingga kedepan, aturan 3 in 1 bakal lebih pas dan akurat, karena sudah melalui tahap uji coba dan kesimpulan, serta resiko resikonya. Dari sini kita bisa belajar dimana ujicoba amat sangat diperlukan, bukan untuk kelinci percobaan, melainkan agar lebih pas dan akurat.
Dan memang pas kalo 2 Jempol buat POLRI !!



0 komentar:

Villiers Private Jet Charter

Popular Posts