Selasa, 03 Desember 2013


Kamis, 28 November 2013 , 15:55:00

SURABAYA - Penetapan UMK di atas Rp 2 juta untuk wilayah ring I (Surabaya dan sekitarnya) sulit diterima Alim Markus. Bos Maspion itu nampaknya "keder" dan berniat bakal memindahkan pabrik kulkas dan kabelnya ke Madiun. Di Madiun yang UMK-nya hanya Rp 1.040.000.

Hal itu diungkapkan Alim Markus di sela-sela acara Festival Jatim Kompeten kemarin. ''Pabrik kulkas dan kabel selama ini kurang menguntungkan,'' katanya.

Menurut dia, pemindahan tersebut akan dilakukan bertahap. Pada tahap pertama akan dipindahkan 10 persen lebih dulu. ''Tujuannya, agar situasi kondusif,'' katanya.

Alim mengungkapkan, dirinya sudah didekati bupati Kendal dan wali kota Pekalongan. Keduanya membujuk agar Alim memindahkan pabriknya ke sana. ''Tapi, saya pikir-pikir dulu. Kalau pindah, lebih baik pindah ke wilayah Jatim dulu saja,'' ujar bos pabrik yang mempunyai sekitar 35 ribu pekerja tersebut.

Apakah nanti itu berarti ada bedhol desa pabrik lengkap dengan pekerjanya ke Madiun? Alim menyatakan masih memikirkannya. ''Bisa jadi nanti mereka kami beri tawaran,'' terangnya. 

Yang jelas, kata dia, seharusnya UMK di ring I berkisar Rp 1,9 juta. ''Sebab, dalam menghitung KHL kan sudah ada inflasinya. Jadi, cukup KHL plus inflasi yang terjadi. Itu saja,'' tegasnya. (ano/mas)

sumber artikel

http://m.jpnn.com/news.php?id=203179

0 komentar:

Villiers Private Jet Charter

Popular Posts